Ubuntu Mengikuti Rapid Release Mozilla

Pengembang Ubuntu sekarang mengikuti siklus rilis cepat milik yang dilakukan Mozilla dengan merilis versi update 8.0 Mozilla Firefox dan Mozilla Thunderbird. Sebelumnya Ubuntu akan terjebak dengan versi mayor yang digunakan ketika rilis versi tersebut, misal 3.0, maka hanya ada update minor seperti versi 3.0.1 dan 3.0.2 dan selanjutnya. Karena saat ini Mozilla pindah ke jadwal rilis cepat untuk Firefox dan Thunderbird yang selalu melakukan update versi mayor tiap enam pekan membuat Canonical dan pengembang distribusi lainnya harus mengambil keputusan apakah akan tetap menggunakan kebijakan lama yang berarti dalam beberapa bulan tidak akan didukung oleh pengembang asli (upstream) atau mengikuti siklus rilis cepat yang juga berarti mengupdate versi mayor.

Pada Ubuntu 11.10, Canonical sekarang sudah membuat keputusan untuk mengikuti versi mayor Mozilla. Beberapa pekan setelah Mozilla merilis Firefox 8.0, Ubuntu merilis Firefox 8.0 kedalam repositorinya sehingga pengguna bisa mendapatkan update secara otomatis. Tentu tanpa kebijakan ini pun pengguna dapat mengupdate Firefox nya ke versi 11.10 tetapi dengan adanya kebijakan ini maka seluruh pengguna Ubuntu akan mendapatkan upgrade Firefox 8.0.

Update Firefox ini hadir sekitar dua pekan setelah rilis tetapi pengembang Ubuntu berencana mereduksi jeda hari tersebut menjadi hanya beberapa hari. Pekan ini Canonical mengupdate Thunderbird ke versi 8.0 yang dirilis tanggal 9 November kemarin. Canonical berencana melanjutkan proses ini untuk Ubuntu 11.10 dan Ubuntu 12.04 LTS (Long Term Support), untuk Ubuntu 12.04 ini akan menjadi hal yang menarik karena akan menjadi gabungan hal lama dan baru. Canonical mempertimbangkan untuk mengizinkan pengguna menggunakan Enterprise Support Release (ESR) yang ditawarkan Mozilla dimana sebuah versi Firefox akan didukung hingga empat puluh dua pekan dan bukan hanya enam pekan. Namun, hingga saat ini baik Mozilla maupun Canonical belum meirlis versi ESR nya.

Untuk memungkinkan testing Firefox lebih efektif sebelum update selanjutnya, Tim Mozilla telah membuat Launchpad PPA, Firefox-next, yang berisi versi test Firefox yang tidak didukung dari kanal beta Mozilla. Repositori ini memiliki instruksi untuk menginstall versi beta Firefox untuk mengizinkan pengguna untuk membantu mengecek rilis Firefox yang direncanakan dan melaporkan bug.

Via h-online Open