Google Menghapus 22 Aplikasi Mencurigakan dari Android Market

Pekan lalu, tim keamanan Lookout Mobile Security menemukan total hingga 22 aplikasi mencurigakan di Android Market milik Google. Penjelasan yang ditulis di blog myloookout disebutkan bahwa aplikasi tersebut menyamar sebagai aplikasi pihak ketika yang terkenal seperti Angry Birds dan Cut The Rope tetapi berisi malware “RuFraud”.

Aplikasi yang mengandung RuFraud mengambil keuntungan dari SMS premium yang memiliki kode pendek. Sekali diunduh dan dijalankan, aplikasi yag terinfeksi ini mencegah pengguna dengan opsi tunggal untuk melanjutkan, Lookout mengandaikan ini sebagai biaya premium yang ditutupi oleh tautan yang tidak jelas.

Lookout menjelaskan bahwa malware ini hanya berdampak pada pengguna di beberapa negara eropa seperti Inggris, Perancis dan Jerman. Penguna di Ameriaka Utara tidak mengalami dampak yang sama karena kode SMS Pendek premium bergantung pada oprator. Peneliti ini memperkirakan aplikasi-aplikasi mencurigakan itu telah diunduh kurang lebih 14.000 kali. Setelah mereka melaporkan ke Google. Aplikasi tersebut dihapus dari Android Market oleh Google.

Via : h-online open