Google Menaikkan Ukuran Maksimal Aplikasi Android Menjadi 4GB

Google Developer Advocate Tim Bray mengumumkan di blog Android-developers bahwa batasan maksimum ukuran aplikasi yang dihadirkan lewat Android Market akan dinaikkan menjadi 4 GB. Sampai saat ini, ukuran aplikasi Android hanya terbatas sebesar 50MB. Meskipun ini cukup bagi sebagian besar aplikasi di Market, beberapa aplikasi terutama games harus membuka dialog unduhan yang berbeda ketika menjalankan program pertama kali untuk mengambil asset yang tidak disertakan di paket aplikasi utama dengan batas ukuran 50MB tersebut. Dengan kebijakan baru ini, Google memberikan pengembang aplikasi space yang jauh lebih besar untuk berkarya.

Ukuran file APK aplikasi sendiri masih dibatasi sebesar 50MB, tetapi pengembang memiliki opsi untuk menyertakan dua file ekspansi sebesar 2GB. Google menyarankan salah satu file ini digunakan untuk unduhan awal asset dan hanya diubah ketika dibutuhkan, sementara yang kedua dengan ukuran yang lebih kecil digunakan untuk patches dan update konten didalam aplikasi. File kedua akan diberi nomor vers dan diunduh ulang setiap kali update. Seluruh file ini akan dihost di Android Market dan Google menyediakan bandwidth untuk keseluruhan unduhan, dimana sebelumnya pengembang harus menghost assets mereka sendiri.

Salah satu keuntungan perubahan ini bagi penguguna Android adalah mereka sekarang dapat melihat ukuran unduhan lengkap secara langsung di Market sebelum mengunduh app yang ada. Google juga menyatakan bahwa periode refund 15 menit hanya akan berjalan ketika seluruh unduhan selesai. Sebelumnya sangat mudah melampaui periode trial ketika mengunduh sumberdaya untuk beberapa aplikasi dengan ukuran besar sehingga pengguna tidak bisa melakukan tes dengan baik dan membuat pengguna tidak memiliki opsi untuk refund.

Google menyediakan kode dan pustaka contoh untuk pengembang yang ingin menggunakan sistem baru ini untuk aplikasi mereka. Sumber daya ini tersedia di Android SDK Manager. Informasi lebih lanjut mengenai proses baru ini dapat ditemukan di halaman dokumentasi untuk sistem file ekspansi APK baru.

Via :