Firefox 12 Memgenalkan Update Otomatis

Versi beta Firefox 12 membawa sebuah sistem update baru ke peramban web Mozilla yang menangani maslaah memastikan pengguna melakukan instalasi update keamanan berupa silent updates. Sebuah update standalone akan diaktifkan di versi Firefox selanjutnya untuk memasang update ke peramban web tanpa interaksi dari pengguna

Sampai versi 11, Firefox di Windows akan menampilkan pop up peringatan User Account Control (UAC) ketika sebuah update peramban web sudah diunduh dan mencoba untuk melakukan instalasi dirinya sendiri. Karena rilis update Mozilla semakin sering ini mulai mengganggu banyak pengguna Windows. Dengan memindahkan sistem update ke prosess mandiri, Firefox 12 akan bisa melakukan update dibelakang layar, ini mirip dengan yang dilakukan peramban web Chrome buatan Google sejak pertama kali diluncurkan.

Silent udpate ini seharusnya akan meningkatkan keamanan Firefox secara keseluruhan dan juga mengurangi gangguan terhadap pengguna. Meskipun demikian pengguna yang ingin tetap mengontrol proses yang ada dapat melakukan setting untuk diberi prompt ketika Firefox melakukan update. Layanan update baru ini juga akan diimplementasikan di piranti lunak lain buatan Mozilla seperti Thunderbird dan juga akan berjalan diseluruh kanal rilis Firefox (Released, Beta, Aurora and Nightly Builds).

Perbaikan lainnya di versi beta Firefox 12 adalah dukungan kontrol pemutaran audio dan video dengan HTML 5 dengan adanya mode full-screen, berbagai peningkatan ke tool pengembangan built-in dan kemampuan untuk mengimpor setting dari Chrome.

Informasi lebih lanjut mengenai perubahan di Firefox 12 beta dapat ditemukan di catatan rilis teknis dan pengguna dapat mencoba versi eksperimental Firefox dari kanal beta. Binari Firefox dilepas dibawah lisensi Mozilla Firefox End-User Software License Agreement sementara kode sumber dilepas dibawah tiga lisensi yaitu MPL, GPLv2 dan LGPLv2.1.

Via :