CyanogenMod Menghentikan Dukungan Untuk Samsung Vibrant Setelah Masalah e911

Pengembang CyanogenMod menghentikan dukungannya untuk smartphone Samsung Vibrant pada free ROM berbasis Android Open Source Project (AOSP) buatan mereka. Penghentian dukungan ini dilakukan karena ditemukan masalah bahwa ketika pengguna melakukan instalasi ROM CyanogenMod telepon tersebut tidak dapat memanggil e911 layanan telepon darurat.

Abhisek Devkota, salah seorang pengembang Cyanogenmod, menjelaskan dalam posting Google+ bahwa masalah ini tidak bisa diselesaikan tanpa kode sumber dari samsung yang berkait dengan Radio Layer interface dan interaksinya dengan Audio Layer. Awalnya pengembang mencoba menyelesaikan masalah ini dengan mengeluarkan patch yang awalnya disebutkan tidak dapat memanggil layanan e911. Patch ini berhasil membuat panggilan tetapi tanpa audio dimana dalam kasus ini biasanya petugas akan berasumsi bahwa penelpon mengalami kesulitan berbicara. e911 didesain untuk mengirimkan data GPS bersama dengan panggilan telepon yang dibuat sehingga petugas bisa mengetahui lokasi penelpon, hanya saja, pengembang memberi catatan bahwa GPS Vibrant juga bermasalah sehingga petugas tidak akan bisa mendapat lokasi penelpon dengan baik.

Devkota menjelaskan bug ini sudah ada sejak beberapa waktu lalu, beberapa orang mungkin melihat ini hal yang bisa dimaklumi dan bisa diabaikan, tetapi pengembang CyanogenMod tidak mau mengambil risiko ketika ada masalah muncul yang disebabkan ketika kondisi darurat tidak bisa melakukan panggilan e911. Pengembang sudah mengumumkan perubahan menghentikan dukungan untuk Samsung Vibrant.

Via : h-online