CyanogenMod 9 Dipaketkan Tanpa Akses Root

Tim pengembang CyanogenMod telah memutuskan bahwa mereka akan merilis ROM Android custom buatan mereka tanpa akses root secara default untuk versi-versi selanjutnya. CyanogenMod 9 akan memberikan pengguna sebuah setting konfigurasi yang memungkinkan untuk mengaktifkan akses root.

CyanogenMod merupakan firmware open source paling populer untuk handset Android. Dapat dipasang di berbagai macam ponsel dan tablet, sebuah proses yang biasanya mengharuskan pengguna untuk melakukan unlock boot loader device sehingga bisa melakukan flash image ROM custom ke device yang digunakan. Versi 9 CyanogenMod merupakan versi pertama yang dikembangkan dari Android 4.x yang diberi nama kode “Ice Cream Sandwich”.

Menurut tim Cyanogenmod, perubahan ini diambil karena mereka mempertimbangkan potensi masalah keamanan yang dibawa ROM buatan mereka ke pengguna. Pengembang menuliskan dalam posting blog “Mengaktifkan root secara default dalam paket yang ada di lebih dari 1 juta device merupakan celah yang besar”. Meskipun aplikasi yang ada saat ini menampilkan prompt ke pengguna untuk akses root, ini masih menjadi sebuah masalah karena banyak pengguna cenderung untuk mengabaikan peringatan tersebut aatau bisa saja di tipu oleh aplikasi jahat yang menyamar sebagai aplikasi baik-baik.

Perubahan terharap ROM ini akan memberikan pengguna kontrol untuk memutuskan apakah akses root akan tersedia. Akan ada empat setting di CM9 : akses root sepenuhnya dimatikan, dinyalakan hanya untuk akses pengembangan lewat USB, dapat dinyalakan hanya untuk aplikasi dan dinyalakan untuk akses USB dan aplikasi. Antarmuka setting baru akan mirip dengan opsi “enable third party applications” dimana pengguna seharusnya sudah familiar dari Android bawaan device.

Kebijakan ini sudah diberlakukan di build alpha public pertama CyanogenMod 9 dan antarmuka setting juga sudah disertakan.

Via :