WordPress 3.3 Release Candidate

Ryan Boren, Lead Developer WordPress, mengumumkan kehadiran kandidat rilis pertama (RC1) untuk versi 3.3 WordPress. Boren mengungkapkan bahwa kandidat rilis berarti pengembang merasa sudah cukup dan siap untuk melakukan rilis tetapi harus melakukan cek akhir sebelum final rilis.

WordPress 3.3, update mayor content management system (CMS) yang menjadi CMS terpopuler selama dua tahun berturut-turut ini melakukan upgrade pada Toolbar (sebelumnya dikenal dengan nama admin bar) dan memiliki uploader media HTML5 yang menggunakan Plupload, aplikasi upload opensource yang memiliki fungsi drag-and-drop, salah satu fungsi yang dinanti banyak bloggger tentunya karena upload saat ini harus satu-per-satu baik dengan uploader tradisional maupun Flash. Bagi anda yang masih cinta dengan browser yang tidak memiliki dukungan HTML5 tenang, ada metode fallback yang memasukkan uploader Flash dan HTML4. Perbaikan lainnya ada di Metadata, Setting dan API Editor dan sebuah tutorial untuk pengguna pemula juga ditambahkan. Performa secara keseluruhan juga disebutkan meningkat. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai rilis ini di halaman codex untuk versi 3.3 dan change log.

Apabila anda berminat, anda bisa mengunduh dari situs WordPress. Rilis ini membutuhkan versi PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0 atau lebih baru. WordPress 3.3 awalnya direncanakan hadir sebelum akhir november, tetapi meleset dari jadwal awal. Jadwal rilis final versi 3.3 belum ditentukan.

Versi stabil terakhir adalah versi 3.2.1 yang merupakan update maintenance yang memperbaiki masalah inkompatibilitas server berkait dengan JSON. WordPress dirilis dibawah GPL v2.