Wayland 0.85 Segera dirilis, Versi 1.0 Direncanakan Akhir Tahun

Tim pegembang Wayland sedang dalam proses mengeluarkan rilis stabil pertama versi 1.0 Wayland Display Server yang direncanakan akan dirilis akhir tahun ini. Rencana untuk rilis mayor Wayland pertama di presentasikan oleh pembuat Wayland, Kristian Høgsberg, pada acara FOSDEM akhir pekan lalu.

Versi 0.85 merupakan snapshot pengembag yang sudah diberi tanda untuk dirilis di repositori git proyek ini dan akan diikuti dengan nomer 0.90 sebagai kandidat rilis dengan API yang sudah dibekukan dan akan berakhir di rilis 1.0. Høgsberg menjelaskan bahwa di berharap bisa merilis versi 1.0 pada semester kedua tahun ini, meskipun ada kemungkinkan meskipun kecil untuk mundur sampai tahun 2013.

Wayland merupakan kemungkinan pengganti untuk X Window System yang digunakan di dunia Linux dan UNIX saat ini. Proyek ini dimulai tahun 2008 oleh Høgsberg sebagai proyek part time ketika dia di Red Hat, Høgsberg saat ini bekerja untuk Intel. Wayland menjanjikan lebih pas bagi arsitektur piranti lunak modern dibandingkan dengan yang dilakukan X dimana membutuhkan server klien untuk menjalankan server grafis dan adanya kebutuhan lebih yang ada di antarmuka modern seperti compositing.

Aplikasi yang menggunakan Wayland menggambarkan output grafis mereka ke buffer mereka sendiri dan Wayland display server dan window manager mengambil buffer-buffer tersebut bersama-sama dilayar. Proyek Wayland juga menyertakan Weston, implementasi referensi kompositor Waylan yang dapat berjalan sebagai X client atau langsung menggunakan Linux KMS. Weston disebutkan minimalis dan cepat dan cocok untuk pengguna embedded dan pengguna mobile. Protokol Wayland saat ini mengorbankan ttransparansi network X tetapi sebuah X server dapat berjalan dibawah Wayland sehingga memungkinkan aplikasi X untuk berjalan di sistem.

Rilis versi 1.0 bukan berarti seluruh pengguna X akan beralih ke Wayland. Meskipun distribusi Linux besar sudah menyatakan komitmennya untuk menggunakan Wayland, Wayland harus menyediakan ekosistem penuh seperti toolkit, driver, dan dukungan lain sehingga perpindahan ini akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Via :