Ubuntu 12.04 Membawa Kontrol Privasi Yang Lebih Baik

Ubuntu 12.04 akan dipaketkan dengan kontrol privasi baru untuk logger event Zeitgeist. Zeitgeist merupakan program yang berjalan di belakang layar lingkungan desktop Unity milik Ubuntu yang mengumpulkan statistik bagaiman pengguna berinteraksi dengan komputer mereka dan menawarkan saran berdasarkan item dan aplikasi yang paling sering digunakan menggunakan teknik machine learning.

Pengembang Ubuntu telah mengintegrasikan fungsionalitas Activity Log Manager milik Zeitgeist ke dalam aplikasi System Settings milik Ubuntu untuk memberikan antarmuka yang mudah bagi pengguna untuk mengontrol informasi apa yang dilog oleh sistem. Activity Log Manager awalnya dikembangkan oleh tim Zeitgeist, yang juga memport kode yang ada dari Python ke Vala sehingga bisa diintegrasikan dengan aplikasi System Settings dan Unity. Pengembang Zeitgeist, Seif Lotfy menyatakan bahwa ada kekhawatiran fungsionalitas Zeitgeist dianggap sebagai spyware, pengembang ingin mengubah pandangan itu, oleh karenanya disediakan kontrol yang mudah bagi pengguna.

Fungsionalitas baru ini akan tersedia di Ubuntu ketika versi 12.04 dirilis yang menurut jadwal akan keluar pada tanggal 26 April 2012. Pengguna distribusi Linux yang menggunakan desktop GNOME 3 tidak terkena dampak perubahan ini karena GNOME 3 tidak menyertakan Zeitgeist.

Via :