Talend Open Studio for Big Data Pindah Ke Lisensi Apache

Talend mengumumkan bahwa aplikasi baru Talend Open Studio for Big Data akan dirilis dibawah lisensi Apache. Open Studio for Big Data menyertakan beberapa komponen seperti Hadoop connectors yang sebelumnya hanya tersedia di edisi Enterprise. Sebelumnya piranti lunak Talend dirilis dibawah lisensi GPLv2. Belum jelas bagaimana perubahan ini akan berdampak pada produk Talend.

Perpindahan ke lisensi Apache memungkinkan Hortonworks, salah satu perusahaan yang membuat distribusi piranti lunak Apache Hadoop untuk menyertakan Talend Open Studio for Big Data sebagai bagian dari distribusi Hadoop milik mereka dimasa yang akan datang. Piranti lunak buatan Talend ini menyertakan konfigurasi visual dan tool pengembangan untuk membuat sebuah kluster Hadoop yang sebelumnya memerlukan banyak konfigurasi dari command line.

Piranti lunak buatan Talend ini memungkinkan untuk me load sistem Hadoop dengan data dari berbagai sumber data dan menggunakan kluster yang ada untuk memastikan bahwa tidak ada duplikasi di kumpulan data yang ada dan memastikan kualitas data yang ada. Ciaran Dynes dari Talend menyatakan bahwa deduplikasi dapat memiliki dampak signifikan secara ekonomis dalam menjalankan Hadoop. Jika 10 persen data yang ada merupakan data duplikat, menghapus data ini dapat mengurangi jumlah nodes yang dibutuhkan untuk memproses data.

Detail lebih lanjut mengenai dukungan Big Data tersedia di situs web Talend. Sebuah versi beta untuk rilis komersial juga tersedia sebagai trial yang dapat anda unduh. Kode sumber sedang dirapikan karena membutuhkan perubahan peringatan copyright lisensi Apahce dan sistem build baru juga sedang dibuat di situs hosting proyek TalendForge.org. Kode sumber direncanakan dirilis bulan Mei beserta rilis Talend 5.1.

Via :