Robyn Bergeron Menggantikan Jared Smith Sebagai Fedora Project Leader

Jared Smith mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi Fedora Project Leader (FPL) tanpa menyebutkan alasan. Smith telah menjadi FPL sejak Juni 2010 dimana dia Menggantikan Paul W. Frields yang juga mundur sebelumnya. Di email tersebut Smith menjelaskan pengalamannya menjadi bagian dari Proyek Fedora termasuk menempati posisi Fedora Project Leader yang disebutkan oleh Smith bukan posisi kepemimpinan jangka panjang. Cepatnya periode pergantian FPL ini diharapkan akan membawa ide dan energi baru ke proyek Fedora.

Selama kepemimpinan Smith sudah ada tiga rilis Fedora yang membawa banyak fitur baru di tiap rilisnya. Situs web Fedora juga telah diupdate. Proses jaminan kualitas Fedora juga lebih bak. Selain itu Image Fedora untuk Cloud Amazon EC2 dirilis pada hari yang sama dengan rilis Fedora versi yang sama.

Lalu siapa penerus Smith? yang ditunjuk untuk menggantikan Smith adalah Robyn Bergeron (@robynbergeron), yang juga bekerja untuk Red Hat dan sebelumnya menduduki posisi Fedora Program Manager. Dia juga terlibat di Tim Pemasaran Fedora dan mengorganisir konferensi FUDCon Tempe pada tahun 2011. Smith menjelaskan dia akan membantu Bergeron untuk mengenali posisi barunya beberapa bulan kedepan.

Robyn sendiri sudah menuliskan dalam blognya mengenai pengangkatannya sebagai FPL. Robyn menjelaskan pengalamannya beberapa tahun terakhir di Proyek Fedora merupakan hal menyenangkan. Dia tidak berencana mengikuti jejak pendahulunya karena berarti akan berputar di lingkaran yang sama, Robyn memilih untuk menyerap semangat yang sama dari FPL pendahulu yaitu kejujuran, transparasi, komunikatif dengan humor dan dengan perhatian.

Perubahan kepemimpinan di Proyek Fedora sebelumya didahului dengan beberapa kandidat yang melamar untuk posisi Project leader dimana kemudian Fedora Board memilih Smith. Namun, kali ini Robyn dipilih langsung oleh Red Hat tetapi Smith menjelaskan bahwa Fedora Board dimintai pertimbangan dalam prosesnya. Selamat Robyn!

Update : Berita mengenai pengangkatan Robyn sebagai FPL di Red Hat news