Redis 2.6 Hampir Rilis, Sekarang Dalam Fitur Pembekuan Fitur

Redis versi 2.6 telah dirilis. Redis merupakan media penyimpanan data dalam bentuk key-value. Sebenarnya rilis ini dijadwalkan pada pekan pertama tahun ini, tetapi Salvatore Sanfilippo yang dikenal sebagai antirez menyatakan bahwa belum ada kandidat rilis untuk versi ini karena pengembang memasukkan lebih banyak hal dari yang direncanakan untuk rilis ini. Salvatore mengumumkan lewat twitter bahwa Redis 2.6 saat ini masuk dalam fase pembekuan fitur dan hanya menangani perbaikan bug, tes baru dan beberapa penggabungan kode yang masih belum selesai akan dilakukan beberapa pekan kedepan. Sampai saat ini belum ada tanggal pasti kapan Redis 2.6 akan dirilis.

Redis merupakan server struktur data yang persisten dan menggunakan RAM yang ditulis dengan ANSI C yang dapat dijaringkan untuk mereplikasi data dalam konfigurasi master-slave. VMware mensponsori pengembangan Redis yang dilakukan oleh kepala pengembang Sanfilippo dan pengembang lainnya Pieter Noordhuis.

Fitur utama rilis ini adalah skripting sisi server menggunakan bahasa Lua language. Menurut dokumentasi yang ada fungsi eval memungkinkan skrip Lua dieksekusi di server. Ksrip tersebut akan mampu memanggil fungsi Redis menggunakan metode .call() dan .pcall(). Tipe data dikonversi secara otomatis antara Redis dan Lua. Skrip Redis Lua memiliki waktu eksekusi maksimal lima detik, meskipun nilai ini dapat diubah sebelum diterminasi dan hanya mampu memanipulasi data Redis dan tidak mengakses sistem eksternal.

Bagian penting Redis telah ditulis ulang dan API Internal baru dikenalkan sebagai bagian dari rencana untuk mengembangkan Redis Cluster diatas kode baru tersebut. Kluster tersebut dihapus di versi 2.6 dan akan kembali ke sistem di Redis 3.0 ketika lebih lengkap dan stabil. Satu perbedaan dalam pengembangan adalah Redis 2.6 merupakan pecahan cabang unstable yang pada akhirnya nanti akan menjadi Redis 3.0. Perubahan ini membuat pembuatan backport dari cabang unstable ke Redis 2.6 Sanfillipo menyatakan bahwa Redis 2.6 sekarang menampilkan ASCII art ketika server menyala dan ini merupakan fokus pekerjaan pengembang bulan lalu.

Via :