Raspberry Pi Mengumumkan Partner Baru Premier Farnell dan RS Components

Yayasan Raspberry Pi, pembuat komputer kecil dan murah berbasis ARM, Raspberry Pi, yang dijual dengan harga $25 mengumumkan bahwa mereka telah melakukan kerja sama dengan Premier Farnell dan sebagai manufaktur terlisensi device ini. Pengembang menjelaskan bahwa model produksi baru ini membuat keterbatasan model pasokan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dalam batch 10.000 device sekali buat. Sekarang device ini bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan. Yayasan akan mengambil keuntungan kecil dari tiap penjualan Raspberry Pi yang akan dikembalikan untuk membiayai misi edukasinya.

Indikasi pertama bahwa ada permintaan yang besar adalah ketika kedua perusahaan ini mulai menjual batch pertama 10.000 device Raspberry Pi Model B beberapa hari lalu, web site mereka dibanjiri pengunjung device tersebut. Farnell kehabisan alokasi mereka kurang dari satu jam meskipun ketersediaan situs web mereka tidak sehat total dan mulai mengambil pra-order, sementara situs web RS Component terlihat hanya mengambil untuk versi model B device ini yang diberi harga £21.60 VAT. Dilaporkan bahwa RS akan memulai menjual board akhir pekan ini Device ini sendiri masih dalam perjalanan dari manufaktur mereka di China

Yayasan ini juga mengumumkan bahwa model A yang dijual dengan harga $25 lebih ringkas dari model B tetapi tidak memiliki Port Ethernet dan port USB. Model A diupgrade RAM nya menjadi 256 MB, sama dengan Model B. Mode B akan tersedia di fase pertama peluncuran ini dan ditujukan bagi penghobi perangkat keras dan piranti lunak yang mau membuat piranti lunak untuk device ini. Peluncuran edukasi resmi dijadwalkan beberapa bulan mendatang dimana Yayasan Raspberry Pi berharap akan sudah ada komunitas Raspberry Pi dan piranti lunak bebas yang lebih matang untuk dapat digunakan anak-anak dan pendidik.

Meskipun board Raspberry Pi didesain dengan pemikiran menggunakan piranti lunak open source, dengan remiz Fedora Linux dikembangkan untuk ini, board ini sendiri bukan open source hardware. Yayasan Raspberry berharap bisa membuat board ini terbuka kedepannya dan merilis desain penuh sementara yayasan akan berkonsentrasi mengembangkan yayasan pendidikan.