Proyek Debian Mengumumkan Kebijakan Mengenai Paten

Proyek Debian telah mengumumkan publikasi kebijakan paten. Musim panas tahun lalu, Proyek Debian mempublikasikan FAQ paten sebagai pendahulu kebijakan baru yang sedang dikembangkan dan dipublikasikan ini. Kebijakan baru ini dibuat berdasarkan posisi proyek yang menganggap paten mengancam keberadaan Free Software.

Menurut kebijakan yang baru ini, proyek ini tidak akan mendistribusikan piranti lunak yang berisi paten dan meminta kontributor untuk tidak memaketkan dan mendistribusikan piranti lunak yang melanggar paten. Proyek Debian juga tidak menerima lisensi paten yang bertentangan dengan kontrak sosial Debian (Debian Social Contract) atau Panduan Free Software Debian.

Elemen lain yang menjadi perhatian menangani masalah paten di komunitas dan antara komunitas dengan Proyek Debian. Bagi yang memiliki perhatian terhadap paten diharapkan tidak melakukan diskusi secara publik karena diskusi seperti itu bisa menyebabkan terjadinya tuntutan hukum dan memenyarankan saran hukum dimana diskusi yang ada diproteksi oleh hak pengacara-klien.

Jika seseorang memiliki perhatian terhadap paten tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan penasehat hukum. Diskusi spesifik mengenai risiko paten terhadap Debian bisa diarahkan ke patents@debian.org dimana proyek ini dibawah aturan pengacara-klien akan melakukan evaluasi dan merespon ke pihak-pihak berkait. Kebijakan ini, seperti FAQ dikembangkan dengan saran hukum dari Software Freedom Law Center.

Via :