Preview Driver Microsoft SQL Server untuk Linux

Microsoft telah merilis edisi preview driver ODBC Server SQL Server untuk Linux. Driver ini memungkinkan pengembang C dan C++ untuk melakukan koneksi ke sistem database Microsoft SQL Server dari Linux dan UNIX. Secara spesifik, pengembang dapat menggunakan driver 64-bit untuk Red Hat Enterprise Linux 5 (RHEL) yang mendukung SQL Server 2008 R2 dan SQL Server 2012 yang diberi code name Denali. Denali saat ini dalam fase kandidat rilis dan akan menjadi versi terakhir dari sistem database yang mendukung antarmuka Microsoft OLE DB (Object Linking and Embedding Data Base) untuk mengakses sumber data. Setelah itu Microsoft menyarankan menggunakan provider ODBC.

Selain fitur umum yang ada di driver ODBC, Driver ini mendukung protokol otentikasi Kerberos, SSL, dan enkoding karakter UTF-8 disisi klien. Secara teknis, driver ODBC ini dikembangkan dari driver yang ada di versi Windows (SQL Server Nativr Client) yang diadaptasi oleh Microsoft untuk platform Linux.

Dukungan untuk RHEL 6 dalam proses, berdasarkan roadmap rencananya akan memasukkan versi 32-bit. Dukungan untuk fungsi failover AlwaysOn yang baru juga direncanakan akan ditambahkan. Belum jelas apakah driver ini direncanakan untuk kompatibel dengan SUSE dan distro Linux lainnya atau sistem UNIX lain seperti Solaris dan HP-UX. Lisensi driver ini tidak open source dan belum ada tanda-tanda Microsoft akan membuat SQL Server berjalan secara native di Linux.

h-online open