Perl Data Language Mendapat Fitur auto-parallelisation

Perl Data Language (PDL), sebuah ekstensi yang memungkinkan perl untuk menyimpan dengan cepat dan ringkas serta memanipulasi larik (array) N-dimensi dengan ukuran besar telah diupdate ke versi 2.4.10 dan menambahkan dukungan paralelisasi multi-thread otomatis. Kemampuan mengolah larik multi dimensi yang dimiliki PDL membuatnya berguna di komunitas saintifik sebagai alternatif gratis untuk mengolah larik dibandingkan produk komersial seperti IDL dan Matlab. Dukungan threading otomatis baru ini bekerja dengan pthreads diantara beberapa processor menggunakan modul PDL::ParallelCPU module.

Perbaikan lainnya di PDL 2.4.10 termasuk sebuah modul konstan yang menyediakan nilai seperti E dan PI, sebuah engine baru untuk filter sumber “NiceSlice”, dan argumen dengan gaya MatLab untuk konstruktor pdl(). Detail lebih lanjut mengenai PDL tersedia di situs web PDL dan di PDL book yang sekarang tersedia dalam format PDF

PDL dapat di install menggunakan halaman instalasi yang akan memandu pengguna mengenai bagaimana mengunduh dan melakukan instalasi piranti lunak ini di Windows, Ubuntu, Debian, Fedora, Mandriva dan Mac OS X, dan bagaimana melakukan instalasi lewat CPAN atau instalasi manual. Kode sumber juga tersedia untuk diunduh dan dilepas dibawah kombinasi lisensi GPL dan Artistic.

Via :