ownCloud Menyediakan Layanan dan Dukungan Komersial

ownCloud merupakan proyek open source yang menyediakan aplikasi berbagi file. Proyek ini mendirikan perusahaan yang bergerak diseputar aplikasi berbagi file yang dikembangkan, tujuannya selain agar dapat mengembangkan lebih jauh juga agar dapat memberikan dukungan teknis dan pemasaran profesional secara komersial. Produk pertama dari perusahaan baru ini diharapkan akan muncul pada kuartal pertama tahun 2012. Anda tidak perlu khawatir, proyek open source ownCloud akan tetap berjalan.

ownCloud menangani penyimpanan terpusat dan sinkronisasi file, jadwal pertemuan dan kontak dari berbagai macam device. Data yang ada tetap berada diserver milik pengguna dan tidak di server pihak ketiga. Pengguna juga bisa menyimpan data di server lain termasuk di Amazon Web Service dimana pengembang sudah menyediakan image yang bisa digunakan oleh pengguna. Saat ini ownCloud hanya mendukung akses data dari peramban web dan protokol WebDAV. Klien untuk device mobile dan sistem desktop masih dalam tahap pengembangan.

Perusahaan ini didirikan oleh pendiri proyek ownCloud, Frank Karlitschek dan Markus Rex, mantan eksekutif SUSE/Novell yang meninggalkan Novel ketika proses akuisisi Attachmate. Perusahaan ini telah mendapatkan pendanaan yang dimotori oleh General Catalyst yang berbasis di Boston yang juga menjadi lokasi kantor pusat ownCloud, Inc. Detail pendanaan tidak disebutkan tetapi ReadWriteWeb mengutip salah sau sumber yang menyebutkan pendanaannya hingga tujuh digit dolar.

Versi terbaru ownCloud, 2.0.1 dapat anda unduh. kode sumber nya di host oleh gitorious dan dilepas dibawah lisensi GNU Affero General Public License (AGPLv3).