Organisasi Mentor di Google Summer of Code 2012 Diumumkan

Google telah mengumumkan organisasi mentor yang disetujui untuk event Google Summer of Code (GSoC) yang tahun ini merupakan event kedelapan. Menurut anggotaOpen Source Programs Office (OSPO), Carol Smith, ada lebih dari 400 aplikasi dari organisasi mentor tahun ini dimana 180 proyek open source diterima dan 41 diantaranya baru masuk ke GSoC.

The Apache Software Foundation (ASF), the Blender Foundation, the CERN Virtual Machine (CernVM), , Proyek Debian, FreeBSD, Proyek GNOME, Proyek KDE, LibreOffice dan Mozilla, serta Mono Project dan SHOGUN (toolbox machine learning) merupakan beberapa diantara mentor yang diterima paa event GSoC 2012. Meskipun demikian seperti tahun lalu banyak proyek yang mengajukan aplikasi tidak diterima untuk mengambil bagian karena alasan yang tidak disebutkan secara khusus.

Salah satu hal penting tahun ini adalah X.Org. Dalam sebuah post di mailing list X.Org, St├ęphane Marchesin menyatakan bahwa mahasiswa/i yang berminat dapat mengikuti kegiatanEndless Vacation of Code (EVoC) program, yang diadakan oleh X.Org foundation. Kegiatan ini terinspirasi GSoC. Sementara EVoC tidak memiliki batasan waktu, dihalaman web dituliskan bahwa proposal yang diajukan biasanya diselesaikan dalam periode tiga atau empat bulan dan mereka mendanai mahasiswa/i sebesar $ 5000 sampai $6000.

Tiap tahun sejak tahun 2005, Google menawarkan mahasiswa/i bantuan untuk menulis dan mengembangkan kode untuk berbagai proyek open source sebagai bagian dari event GSoC yang berlangsung selama tiga bulan. Periode aplikasi untuk mahasiswa untuk GSoC 2012 akan dibuka tanggal 26 Maret.

Informasi lebih lanjut mengenai acara Google Summer of Code 2012 dapat anda temukan di situs web GSoC 2012. Tinjauan singkat statistik program GSoC dari tahun-tahun sebelumnya tersedia di halaman Informasi program untuk tahun-tahun sebelumnya.

Via :