Open Invention Network Memperluas Definisi Dan Cakupan Linux

Dengan menambahkan lebih dari 700 paket piranti lunak baru ke daftar yang sudah ada yang terdiri atas 1000 paket yang mendefinisikan sebuah sistem linux dan diproteksi didalam jaringan kesepakatan lintas lisensi yang bebas royalti, Open Invention Network mengumumkan bahwa mereka ingin mengikuti perkembangan basis teknologi sebuah sistem Linux umum yang semakin luas.

Keith Bergelt, CEO OIN, menyebut update ini “Sebuah hari yang menarik bagi OIN dan Linux” dan menyatakan bahwa ini “didorong oleh pertumbuhan dinamik piranti lunak open source”. OIN berharap jangkauan yang lebih luas ini akan mendorong kolaborasi dan investasi yang sudah ada di ekosistem Linux.

KVM, Git, OpenJDK dan WebKit merupakan beberapa paket yang ditambahkan ke daftar panjang sebanyak 1878 item paket yang dijadikan acuan pada definisi Linux milik OIN. Daftar sebelumnya yang dikeluarkan pada tahun 2005 menyertakan 1124 paket yang merupakan gambaran sistem desktop atau server Linux umumnya. Penggunaan virtualisasi, kontrol versi terdistribusi, Java open source dan teknologi rendering web alternatif membuat definisi Linux pada tahun 2012 ini tidak dicakup dengan baik oleh definisi Linux OIN pada tahun 2005

Perusahaan yang menjadi anggota OIN menandatangani perjanjian yang memberikan hak lisensi kenapda paten yang dimiliki OIN dan ditukar dengan paten bebas royalti yang mereka miliki yang digunakan di sistem Linux. OIN Diluncurkan tahun 2005 oleh IBM, NEC, Novell, Philips, Red Hat dan Sony dengan tujuan mencegah agresi paten ke ekosistem Linux. Saat ini memegang lebih dari 380 lisensi. HTC dan LG bergabung pada bulan November 2011 sementara Cisco dan Twitter bergabung pada bulan Agustus 2011.

Via :