NetBeans 7.1 Release Candidate

Pengembang NetBeans yang sekarang ada dibawah Oracle telah merilis kandidat rilis pertama untuk versi 7.1 IDE ini. NetBeans 7.1 direncanakan akan dirilis final pada tanggal 14 Desember 2011 besok dan akan memperkenalkan dukungan untuk JavaFX 2.0, perkakas antarmuka pengguna yang direncanakan akan dijadikan proyek open source dan dimasukkan di rilis Java selanjutnya

Dukungan JavaFX saat ini membutuhkan JavaFX 2.0 SDK (unduh untuk Windows dan Mac OS X), tetapi hanya akan mengcover siklus compile/debug/profile secara keseluruhan untuk Desktop, Applet dan JNLP deployment. Peningkatan untuk pengembang GUI Swing, dukungan untuk CSS3 dan perkakas untuk mendebug baik Swing dan antarmuka JavaFX juga ditambahan. Dukungan CSS3 dibutuhkan oleh JavaFX sebagai jalan untuk mengkustomisasi kontrol antar muka pengguna nya, selain itu pengguna juga diuntungkan ketika membangun aplikasi web dengan membawa dokumentasi dan pelengkap kode CSS 3.

“Inspect and Refactor” merupakan fitur baru yang mengizinkan refaktoring proyek secara meluas untuk diaplikasikan ke kode. Sebagai contoh, kofigurasi refactoring “Convert to JDK 7” dimasukkan yang akan membantu untuk mengupdate kode untuk menggunakan fitur Java yang baru, beberapa refactoring lain seperti inlining dan memasukan parameter juga disertakan.

Pengembang Java EE akan dimudahkan dengan adanya opsi tambahan deployment yang didukung untuk Glassfish, kumpulan komponen JSF dan peningkatan untuk Java Persistence, Web Services dan EJB. Pengembang PHP akan mendapatkan debugger baru, dukungan untuk grup tes PHPUnit dan upload yang lebih cepat karena klien (S)FTP mengimplementasikan keep-alive. Pengembang platform NetBeans akan bisa menggunakan API Window System yang baru dan memiliki akses ke visual window layout designer dan komponen pluggable multiview. Detail lebih lanjut dapat anda baca di halaman Wiki NetBeans

Petunjuk instalasu mencakup instalasi di Windows, Solaris, Linux, MacOS X dan platform lainnya. catatan rilis juga tersedia untuk memberikan informasi mengenai rilis ini. NetBeans IDE 7.1 RC1 dapat diunduh, tetapi seperti piranti lunak yang belum final lainnya, rilis ini ditujukan untuk testing dan melakukan evluasi dan tidak digunakan untuk produksi. IDE ini dirilis dengan lisensi ganda CDDL dan GPLv2.

Via : h-online open