Mozilla Mengenalkan Collusion, Add-on Pemetaan Tracker

Mozilla mengajak orang untuk lebih sadar akan pihak ketiga yang melakukan tracking ketika mengujungi situs. Untuk membantu mengedukasi masyarakat mengenai hal ini, Mozilla telah mengenalkan Add-on Firefox eksperimental Collusion. Collusion membuat sebuah tab baru dan menampilkan graf situs-situs yang saling terkoneksi yang sudah dikunjungi pengguna dan melacak situs yang menggunakan cookie pihak ketiga untuk melacak pengguna situs-situs tersebut. Sebagai contoh, demonstrasi yang disediakan menunjukkan bahwa dua situs populer imdb.com dan New York Times hanya karena menggunakan pengiklan yang sama memungkinkan pengguna untuk dilacak antara dua situs tersebut.

Pengembangan Collusion dimulai tahun lalu ketika Atul Varma terinspirasi buku Eli Parsier The Filter Bubble untuk melakukan eksperimen dengan memetakan pelacakan cookie menggunakan pustaka JavaScript d3.js. Kode sumber Collusion tersedia di repositori github dan dilepas dibawah tiga lisensi MPL 1.1, GPLv2, LGPLv2.1.

Mozilla bekerja sama dengan Ford Foundation untuk membuat kampanye meningkatkan pemahaman publik mengenai masalah ini, mengerti keuntungan seputar tracking ini dan bagaimana untuk memilih untuk dilacak atau tidak. Mozilla juga bekerja sama dengan W3C membangun standar Do Not Track yang baru-baru ini direkomendasikan oleh Gedung Putih di Proposal Rancangan Undang Undang Privasi Konsumen.