Lua 5.2.0 Menghadirkan Fitur Baru

Pengembang Lua, bahasa pemrograman skripting yang ringan dan embeddable, mengumumkan update bahasa ini dengan merilis versi 5.2.0, lima tahun setelah cabang 5.1 bahasa ini dikenalkan.

Bahasa yang menggunakan tipe variabel dinamis ini mengalami perubahan penanganan lingkungan fungsi dan variabel global dan bagaimana dan kapan korutin dapat mengeluarkan hasil. Versi baru ini juga menambahkan fungsi C ringan, sebuah garbage collector ringan dan statemen goto dan sebuah pustaka operasi bitwise.

Lua dikembangkan sejak tahun 1993 oleh sebuah tim di Pontifical Catholic University of Rio de Janeiro. Banyak digunakan di aplikasi seperti Adobe Photoshop Lightroom dan World of Warchraft. Bahasa ini dalam pengembangan secara konstan dengan edisi “work” sebagai snapshot perbaikan saat ini terhadap bahasa dan runtime Lua.

Lua yang dilepas dengan Lisensi MIT tersedia untuk diunduh. Manual referensi juga tersedia tetapi hanya dalam bahasa Inggris. Manual ini juga mencatat beberapa perubahan yang tidak kompatibel dengan versi sebelumnya. Lua Demo online tersedia bagi anda yang ingin mencoba terlebih dahulu.

Via :