Ksplice Tersedia Untuk RHEL, Kernel Unbreakable Linux Beta

Oracle membuat Ksplice tersedia untuk Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 5 dan 6. Pelanggan Red Hat yang tertarik dengan solusi ini dapat mengunduh versi trial 30 hari setelah melengkapi form registrasi, meskipun demikian, pengumuman ini tidak menjelaskan apakah Red Hat masih akan memberikan dukungan untuk versi yang dimodifikasi tersebut. Ksplice memungkinkan administrator sistem melakukan update kernel tanpa harus melakukan restart.

Dalam sebuah posting blog mengenai penambahan baru ini, seorang karyawan Oracle menyatakan bahwa perusahaan ini akan tetap menawarkan Ksplice secara gratis bagi Fedora dan Ubuntu. Posting ini juga menyatakan bahwa langganan Premier Support yang diberikan Oracle sekarang menyertakan Ksplice untuk kernel Oracle Linux yang dikembangkan dari RHEL dan kompatibel dengan produk tersebut. Teknologi ini sudah dimasukkan ke dalam Unbreakable Enterprise Kernel (UEK) beberapa waktu.

Oracle juga merilis sebuah versi beta baru “Unbreakable Enterprise Kernel release 2”. Menurut posting blog tersebut, kernel ini mendekati lengkap dan dengan kernel tersebut Oracle berencana mengenalkan dukungan filesystem Btrfs secara resmi. Kernel yang ada juga didesain untuk memperbaiki virtualisasi kontainer lewat LXC. Oracle menyediakan kode sumber kernelnya dalam sebuah repositori Git. Meskipun versi kernelnya 2.6.39, kernel ini tampaknya dikembangkan dari kernel Linux seri 3.0 yang merupakan long-term release.

Via :