jQuery Foundation Diluncurkan

Pendirian jQuery Foundation Inc telah diumumkan oleh jQuery Board. Organisasi independen baru ini akan mengelola jQuery dan proyek-proyeknya. Presiden yayasan ini akan dijabat oleh Dave Methvin yang juga sebelumnya mengambil alih posisi kepala pengembangan jQuery Core. Dave menyatakan bahwa jQuery merupakan pustaka JavaScript paling populer dan membuat sebuah organisasi otonom merupakan langkah selanjutnya untuk memastikan pengembangan kedepannya dan memberikan keuntungan bagi seluruh pengguna jQuery. Dave juga menyatakan bahwa yayasan ini akan mengumumkan beberapa inisiatif dan konferensi jQuery selanjutnya dalam waktu dekat.

jQuery merupakan pustaka JavaScript yang banyak digunakan dan sangat populer sejak dibuat dan dikenalkan oleh John Resig pada tahun 2005. Yayasan baru ini dibentuk dengan bantuan dari Software Freedom Conservancy (SFC), yang sebelumnya bekerja sama dengan jQuery Board untuk mengelola proyek ini. SFC merupakan organisasi sosial non-profit yang menjadi rumah bagi berbagai proyek piranti lunak bebas yang membutuhkan bantuan mengelola proyek mereka. Bradley Kuhn, Direktur Eksekutif SFC menjelaskan “Kami bangga jQuery Board telah membangun jQuery menjadi komunitas open source yang giat dan sukses dibawah mentorship Conservancy”. Dia juga menyatakan bahwa misi SFC termasuk membantu proyek untuk menentukan apakah mereka ingin membentuk organisasi mereka sendiri.

jQuery Foundation merupakan asosiasi dagang non-profit yang didedikasikan untuk mendukung berbagai proyek jQuery (Core, UI, dan Mobile), menyediakan dokumentasi dan dukungan serta membantu mengembangkan komunitas jQuery. Linux Fund menyediakan donasi kehormatan pertama dalam bentuk kontribusi ke anggaran biaya operasional pertama.

Via :