Hudson Mendapat Rilis Milestone Pertama Sebagai Proyek Eclipse

Winston Prakash dari Oracle mengumumkan rilis milestone pertama Hudson 3.0.0. Ini merupakan rilis pertama paket continous integration sejak proyek ini ditempatkan dibawah payung Eclipse Foundation. Perpindahan ke Eclipse Foundation dilakukan mengikuti adanya perpecahan dimana sebagian besar komunitas Hudson Mendukung Jenkins, fork proyek Hudson yang di manage oleh pembuat Hudson, Kohske Kawaguchi.

Untuk mencapai tahap ini, pengembang harus menghapus semua dependensi pustaka GPL dan LGPL, berpindah dari LGPL JFreechart ke BIRT Chart, memindahkan seluruh kode ke repostori git Eclipse, dan memulai proses build kontinyu untuk Eclipse Hudson. Usaha untuk membuat Hudson proyek yang sesuai dengan aturan Eclipse belum selesai. Proyek ini masih setengah jalan melengkapi “Contribution Questionnaires” (CQ) yang memastikan asal properti intelektual komponen yang ada dan diajukan ke Eclipse untuk dimintai persetujuan. Komponen individual dan pustaka JavaScript eksternal sudah melengkapi proses ini sementara pustaka Java eksternal dan pustaka build dan tes untuk Hudson masih dalam proses persetujuan. Prakash menjelaskan bahwa pekerjaan ini diharapkan akan selesai dalam tiga atau empat bulan dimana akan ada rilis milestone lagi. Mereka merencanakan arilis final Hudson 3.0.0 sekitar bulan Mei atau Juni.

Hudson 3.0.0 milestone 0 diperuntukkan hanya untuk tes dan evaluasi. File WAR dengan lisensi EPL dapat di unduh dari Eclipse.org sementara kode sumber tersedia dari repositori proyek.

Versi produksi stabil Hudson yang dilepas di bawah lisensi MIT adalah versi 2.2.0 yang tersedia untuk diunduh dari situs hudson-ci.org. Tahun lalu pengembang Hudson telah menambahkan beberapa fitur baru seperti dan dukungan Maven 3.

Via :