HTTPie Membuat Ngobrol Dengan Layanan HTTP Lebih Mudah

Sebuah tool command line baru HTTPie, didesain untuk membuat ngobrol dengan layanan HTTP lebih mudah bagi pengembang. Ketika menggarap sebuah API berbasis HTTP baru, pengembang mungkin harus memanggil perintah tertentu ke API. Ini sering dilakukan dengan menggunakan curl, tetapi sintaks yang ada tidak ideal, sebagai contoh sebuah call dengan metode put dengan variabel “hello” diset ke “world” akan nampak kurang lebih :

curl -i -X PUT -H "Content-Type:application/json; charset=utf-8"
 -d "{"hello":"world"}" https://httpbin.org/put

Karena perintah yang ada semakin kompleks, request menggunakan curl semakin kompleks. Tool HTTPie yang dilepas dengan lisensi BSD ini bertujuan untuk membuat proses tersebut lebih sederhana sehingga perintah diatas dapat disederhanakan menjadi

http PUT httpbin.org/put hello=world

HTTPie juga mengembalikan versi respon yang sudah diberi warna sehingga akan lebih mudah memisahkan antara data dari nama kolom. Perintah comman dline ini terdiri atas Metode HTTp untuk reques, sebuah URL tujuan dan daftar pasangan key-value yang dapat berupa headers (X-API-Token:1234), item data sederhana (hello=world) atau item JSON (tests:=[10,20,30]). Sebuah flag tunggal dapat mengembalikan sebuah request menjadi request “form”. Body request dapat diambil dari stdin atau di pipe dari perintah lainnya.

HTTPie dibuat oleh Jakub Roztocil, dikembangan dengan Python menggunakan pustaka Requests dan Pygments libraries. tersedia elwat pip dan Python Package Index, atau anda juga dapat mengakses repositori Github milik proyek ini.

Via :