Google Masih Berjalan Bersama Mozilla

Laporan yang menyatakan bahwa Google telah menghentikan deal kerjasaman pencarian dan iklan dengan Mozilla dibantah oleh kedua belah pihak. Kerja sama ini merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar yang didapat oleh Mozilla. Kerja sama ini yang secara resmi selesai November kemarin menempatkan Google sebagai opsi pencarian default di browser Firefox. Dengan perjanjian formal yang daluwarsa dan tidak ada pengumuman kerjasama baru beberapa komentator berpendapat bahwa deal tersebut tidak diperbaharui. Ini bisa membuat jurang yang dalam bagi pendanaan yayasan non profit ini.

Baik Mozilla maupun Google telah merespon klaim tersebut. Mozilla menjelaskan bahwa kedua belah pihak masih aktif melakukan negosiasi, menekankan bahwa hubungan Mozilla dengan Google dalam bidang pencarian masih positif untuk kedua belah pihak, tetapi saat ini belum memiliki informasi yang bisa diumumkan. Google juga mengatakan hal yang sama, meskipun biasanya tidak mengungkapkan perjanjian bisnis, Google memastikan bahwa mereka masih akan bekerja sama dengan Mozilla.

Sejak awal berakhirnya kerjasama yang berumur tiga tahun ini, hubungan antara Google dan Mozilla menjadi lebih kompleks. Google masuk ke pasar peramban web dengan Chrome dan meraih sukses di pasar. Belakangan ini statistik menunjukkan bahwa Chrome mulai melampaui Firefox, inilah yang menjadi pertanyaan apakah Google lebih memilih untuk mendanai pesaingnya atau mendanai proyeknya sendiri.

Pada tahun 2010, laporan keuangan Mozilla menunjukkan bahwa pendapatan yayasan non profit ini sebesar 123 juta dolar. 84 persen diantaranya datang dari “kontrak dengan provider mesin pencari”. Mozilla menjelaskan bahwa kerjasama pencarian akan tetap menjadi sumber pencarian yang solid dan mencoba untuk memperluas sumber pendapatannya. Pada bulan oktober tahun ini Mozilla bekerja sama dengan Microsoft meluncurkan versi Firefox yang menggunakan mesin pencari Bing milik Microsoft, ini merupakan perpanjangan kerja sama yang sudah berlangsung selama satu tahun.