GCC Akan lebih Modular Mulai Rilis 5.0

Versi 4.7 GNU Compiler Collection (GCC) akan rilis April 2012, kandidat rilis kedua telah dirilis pekan lalu. Diskusi mengenai arah masa depan koleksi utility ini sedang berlangsung. Ide membuat GCC 5.0 lebih modular mendapat banyak perhatian. rencana ini terinspirasi kompiler Lov Level Virtual Machine (LLVM) yang sedang naik popularitasnya yang pengembangannya disponsori salah satunya oleh Apple.

Proposal ini berasal dari pengembang Red Hat, Davi Malcolm meskipun ide ini mendapat tanggapan positif banyak yang meragukan apakah GNU Compiler Collection yang pertama kali dibuat tahun 80 an harus dibuat modular. Malcolm sendiri mengakui bahwa modularisasi tidak akan mudah dan mungkin tidak akan disambut dengan baik oleh banyak perusahaan yang terlibat dalam pengembangan GCC.

Menurut Malcolm, modularisasi harus dipertimbangkan dengan hati-hati karena akan berdampak ke banyak fitur yang sudah ada. Faktor lainnya adalah lisensi. Komponen GCC dilisensi dibawah GPLv4 yang dianggap kurang liberal jika dibandingkan dengan lisensi BSD yang digunakan LLVM misalnya.

Ide utama dibalik konsep yang diajukan Malcolm adalah GCC seharusnya terdiri atas sejumlah pustaka yang dapat di link baik secara statik maupun dinamik. Ini akan membuat proses embed di dalam aplikasi lebih mudah. File Executable akan berupa wrapper kecil yang memanggil pustaka-pustaka ini, kemungkinan menggunakan program yang di link secara statik yang memungkinkan program untuk dimulai lebih cepat.

Fitur lainnya yang banyak diinginkan pengembang di GCC 5.0 adalah antarmuka plugin yang baik. Selain itu banyak yang menginginkan kompiler dimasa depan ditulis dengan C dan bukan C.

Via :