Fedora Remix Untuk Raspberry Pi Dirilis

Raspberry Pi Foundation mengumumkan rilis Fedora Remix yang didesain untuk komputer murah berbasis Linux buatan mereka. Versi Fedora ini merupakan sistem operasi yang direkomendasikan untuk Raspberry Pi.

Fedora 14 yang sudah dimodifikasi ini mengambil paket dari proyek Fedora ARM tetapi menyertakan paket tambahan yang tidak bisa dipaketkan di versi resmi Fedora karena proprietari. Prosesor grafik VideoCore di Raspberry Pi membutuhkan driver yang tidak sesuai dengan panduan lisensi Fedora.

Fedora Remix untuk Raspberry Pi ini tersedia dalam bentuk image SD Card dan hadir baik dengan desktop LXDE dan Xfce dan juga berbagai tool sistem dan bahasa pemrograman. Lebih dari 16.000 paket tersedia untuk di install dari repositori Fedora ARM. Image dapat diunduh dari situs web Raspberry Pi.

Meskipun versi remix saat ini berbasis Fedora 14, Raspberry Pi Foundation berharap bisa merilis versi berbasis Fedora 17 bersamaan dengan peluncuran versi desktop Fedora 17. Group Fedora ARM sedang mengusahakan untuk mendapatkan status arsitektur utama didalam Fedora dengan target pada saat peluncuran Fedora 18. Ini berarti paket-paket ARM akan dibangun dengan prioritas yang sama dan jadwal yang sama dengan versi PC. Informasi lebih lanjut mengenai Raspberry Pi Fedora Remix dapat anda baca di sebuah wiki yang dikelola oleh Seneca College dari Kanada yang bekerja sama dengan Raspberry Pi Foundation dalam proses pengembangan Remix ini.

Via :