Dukungan Native Untuk Windows di node.js 0.6.0

Pengembang Node.js, framework aplikasi JavaScript di Server, mengumumkan rilis versi 0.6.0, ini merupakan rilis stabil ketiga Node.js. Update ini membawa dukungan native untuk Windows, mendukung I/O Completion Ports milik Winodws untuk mengatur komunikasi soket secara efisien.

Rackspace, Joyent dan Microsoft bekerja sama dengan pengembang Node.js sejak bulan juni lalu untuk membuat implementasi dukungan Windows. Sebelumnya karena node.js dikembangkan di lingkungan UNIX termasuk I/O nya maka untuk penggunaan di Windows membutuhkan bantuan Cygwin

Implementasi Windows ini membutuhkan arsitektur inti Node.js untuk dibuat ulang. Secara umum performa I/O di Linux membaik, waktu startup menurun. Ada bug yang masih terbawa yaitu performa penulisan yang direncanakan akan diperbaiki di versi 0.6.1. Ryan Dahl, pembuat Node.js menyatakan bahwa ini merupakan tahap menengah yang baik untuk port Windows tetapi masih banyak PR yang harus diselesaikan.

Perubahan penting lainnya pada rilis ini diantaranya memudahkan scaling aplikasi Node.js termasuk load balancing terintegrasi untuk mengatur kluster instance Node.js dan dukungan yang lebih baik untuk IPC (Inter-Process Communications) antar instance node berjalan.

Debugger command line yang lebih baik, penggunaan zlib untuk kompresi dan upgrade mesin javascript V8 ke versi 3.6 merupakan beberapa perubahan penting pada rilis ini dimana JavaScript, C++ dan antarmuka binari tidak diubah karena ini merupakan cabang stabil.

Pengembang berencana mempercepat siklus rilis dan merencanakan rilis stabil berikutnya pada bulan Januari 2012 dan mereka berencana melakukan sinkronisasi dengan siklus enam pekan yang digunakan oleh Chrome dan V8.

Pengguna versi 0.4 dapat melihat perbedaan versi 0.4 dengan 0.6. Untuk informasi lebih detail, anda dapat membaca Dokumentasi Node.js 0.6.0. Anda dapat mengunduh versi terbaru Node.js yang dilepas dibawah lisensi MIT License.

Via : H-Online Open