Chrome 16 Membawa Dukungan Untuk Sync Multi Akun

Google telah merilis Google Chrome versi 16, browser milik Google yang dikembangkan dari browser Chromium. Update Kanal stabil yang diberi label versi 16.0.912.63 ini membawa beberapa perubahan pada browser yang berbasis WeKit ini termasuk peningkatan kemampuan pada kemampuan sync.

Chrome memungkinkan user tambahan untuk melakukan login ke komputer yang digunakan secara bersama-sama dan mengakses datamereka seperti bookmark, apps dan ekstensi. Opsi baru ini dapat ditemukan dibawah Options (Preferences pada Mac) -> Personal Stuff – Add new user. Setelah user ditambahkan akan muncul jendela baru browser dengan seluruh data user tersebut tersinkronisasi. Tim Chrome menekankan bahwa menambahkan pengguna tambahan ke Chrome tidak ditujukan untuk mengamankan data terhadap orang lain yang menggunakan komputer. Label yang dapat klik pada pokok atas akan menampilkan akun mana yang sedang digunakan dan kita bisa memilih ke akun lain yang ada di Chrome tersebut, fitur ini kurang lebih membawa multi sign-on yang ditawarkan di akun Google ke Chrome.

Update ini juga menutup 15 lubang keamanan, enam diantaranya dianggap sebagai celah penting yang harus ditutup. Vulnerabilitas ini termasuk URL bar palsudan buffer overflow pada penanganan font PDF. 7 celah dengan tingkat menengah dan dua celah ringan juga telah ditutup. Pengembang juga menyatakan enam bug yang terdeteksi menggunakan AddressSanitizer juga telah diperbaiki.

Google telah membayar $6000 kepada para peneliti keamanan yang telah menemukan dan melaporan celah keamanan, ini merupakan bagian dari program Chromium Security Rewards. Detail mengenai vulnerabilitas ini ditahan hingga sebagian besar pengguna sudah melakukan update.

Detail lebih lanjut dapat anda temukan di blog rilis Google Chrome. Anda dapat mengunduh Google Chrome versi 16.0.912.63 untuk Windows, Mac OS X dan Linux. Apabila anda telah menggunakan Chrome, anda dapat menggunakan fitur update built-in.

Via : h-online open