ANGLE Milik Google Mendapat Sertifikasi Sesuai Dengan OpenGL ES 2.0

ANGLE (Almost Native Graphics Layer Engine), aplikasi open source yang membawa OpenGL ES 2.0 untuk mendukung Windows tanpa harus bergantung pada driver OpenGL telah lolos kumpulan test lengkap untuk spesifikasi OpenGL 2.0. Versi 1.0 ANGLE juga telah disertifikasi sesuai dengan implementasi OpenGL ES 2.0. Sertifikasi ini diumumkan oleh Vangelis Kokkevis, Software Engineer untuk proyek Chromium pada sebuah posting di blog Chromium.

ANGLE awalnya dibuat agar dapat menjalankan konten WebGL dengan mulus di browser Chrome pada platform Windows. Meskipun Mac OS X dan LInux memiliki dukungan OpenGL yang solid, driver OpenGL di Windows tidak tersedia sebanyak yang diinginkan Google. Untuk menyelesaikan masalah ini, sistem ANGLE menerjemahkan panggilan ke OpenGL kedalam panggilan API DirectX 9. Namun, agar ini dapat bekerja, sistem target tidak boleh memiliki driver OpenGL terpaang sehingga sistem dapat mengakses grafis 3D yang diakselerasi hardware dengan WebGL.

ANGLE tidak hanya menjalankan perintah OpenGL ES 2.0 dari dalam sistem grafis peramban web Chrome. Teknologi ANGLE, sebagai pustaka open source dengan lisensi BSD juga tersedia untuk aplikasi pihak ketiga, Firefox misalnya, sudah menggunakan ANGLE untuk menampilkan konten WebGL di Windows.