Aktivis Open Source Berbagi Pengalaman Mereka Di Buku Open Advice

Empat puluh dua kontributor dari berbagai proyek open source berbagai pengalaman mereka mengembangkan piranti lunak open source dalam sebuah buku berjudul “Open Advice“. Tiap penulis membuat tulisan kecil berdasarkan pengalaman pribadi mereka atau sesuatu yang mereka ketahui ketika memulai berkontribusi di open source. Tidak semua dari kontributor yang ada merupakan pemrogram, ada kontributor yang merupakan desainer, organizer atau maintainer paket.

Buku yang dirilis dibawah lisensi CC-BY-SA 3.0 (Creative Commons Attribution-ShareAlike), diluncurkan pada event FOSDEM 2012 yang berlangsung akhir pekan lalu. Buku ini tersedia dalam bentuk cetak dari Lulu.com dengan harga $15.50 (£10.01) dan akan tersedia di Amazon dalam waktu dekat. Tentu buku ini juga tersedia secara online untuk diunduh dalam format PDF

Buku ini diedit oleh Lydia Pintscher, yang bekerja di proyek KDE dan merupakan anggota dewan KDE e.V., organisasi non-profit yang merepresentasikan proyek KDE dalam masalah legal dan keuangan.

Kontributor buku ini berasal dari berbagai proyek dan latar belakang. Diantaranya terdapat Georg Greve (Pendiri Free Software Foundation Europe), Shaun McCance (Dokumentasi GNOME), Máirín Duffy Strode (Desainer untuk Fedora dan GNOME), Jono Bacon (Manajer Komunitas Ubuntu), Alexandra Leisse (Manajer Komunitas Web Pengembangan Framework Qt), Vincent Untz (Ex Manajer Rilis GNOME) dan Jos Poortvliet (Manajer Komunitas openSUSE), dan juga Dave Neary (Kontributor GNOME dan GIMP) serta Dr. Till Jaeger (pengacara yang bekerja dengan gpl-violations.org).

Via :