ActiveMQ Apollo Mengoptimisasi Messaging untuk Multicore

Versi 1.0 Apollo, sub proyek messaging Apache ActiveMQ telah dirilis. Apollo merupakan pengerjaan ulang ActiveMQ secara radikal dengan arsitektur threading dan dispatching baru. Apollo saat ini mengimplemntasikan protokol stomp wire (1.0 dan 1.1) seperti yang diimplementasi oleh ActiveMQ dan menyertakan API JMS (Java Message Service) untuk aplikasi.

Hiram Chirino, kepala pengembangan Apollo menjelaskan bahwa aplikasi ini dapat menangani sejumlah besar koneksi dan tujuan concurrent tetapi dengan jumlah threads yang tetapi. Masih menurut Chirino, ActiveMQ yang sekarang ada memiliki thread locking yang kompleks yang menjadi bottleneck di prosesor multicore. Dengan Apollo, sebuah model asinkron yang terinspirasi teknologi Grand Central Dispatch milik Apple dan dimplementasikan di Java sebagai HawtDispatch, digunakan untuk menghindari banyak lock di berbagai bagian kritis yang membuat kode berjalan lebih lancar di sistem multicore.

Langkah selanjutnya untuk Apollo adalah digabungkan dengan ActiveMQ 6 tetapi masih dibahas oleh komunitas pegembang ActiveMQ. Apollo 1.0 dapat anda unduh dan dilepas dibawah lisensi Apache 2.0.

Via :