Canonical Mengumumkan Ubuntu Business Desktop Remix

Canonical has mengumumkan peluncuran remix baru distribusi Ubuntu Linux yang ditujukan bagi korporasi dan institusi pemerintahakn. Dalam posting diblognya, Pendiri dan mantan CEO Canonical, Mark Shuttleworth, menjelaskan bahwa Ubuntu Business Desktop Remix hanya menambahkan perubahan yang ada di paket standard default dan semuanya tersedia dari software center..

Rilis Business Desktop Remix pertama ini dikembagkan dari Ubuntu 11.10 “Oneiric Ocelot”. Aplikasi yang lebih banyak digunakan pengguna rumahan seperti games dan tool jejaring sosial dihilangkan sementara piranti lunak untuk lingkungan enterprise ditambahkan. Aplikasi yang ditambahkan termasuk VMware View, plug-in Adobe Flash Player dan JRE OpenJDK 6. Shuttleworth menambahkan “Tidak ada saus khusus untuk pelanggan” seperti RHEL.

Shuttleworth menambahkan dalam komentar diposting yang sama dia menjelaskan bahwa bukan meremehkan Red Hat tetapi hanya mengkonfirmasikan bahwa Canonical tidak memecah Ubuntu menjadi model Fedora/RHEL dimana fedora gratis tanpa dukungan sementara RHEL berbayar tetapi dengan dukungan dari Red Hat.

Pengumuman ini dilakukan sepekan setelah Canonical mengumumkan akan menghentikan dukungan komersial untuk Kubuntu setelah versi 12.04. Ubunu 12.04 sendiri akan menjadi versi Long Term Support(LTS) baik untuk deskop maupun server termasuk dukungan selama lima tahun.

Ubuntu Business Desktop Remix dapat anda unduh dari halaman bisnis Canonical; anda harus melakukan registrasi karena beberapa aplikasi seperi VMware View dilepas dibawah lisensi proprietari dan pengguna harus menyetujui perjanjian sesuai end-user licence agreement (EULA). Untuk instalasi enterprise skala besar, Canonical menyaraknakn menggunakan tool manajemen Landscape yang fungsinya sama dengan Red Hat Satellite milik Red hat.

Via :