Popcorn.js 1.0 : toolkit media HTML5 terbaru dari Mozilla

Mozilla mengumumkan rilis versi 1.0 Popcorn, toolkit media HTML5 buatan organisasi non-profit ini. Popcorn.js merupakan framework event yang mengkombinasikan HTML dan javascript, “jQuery untuk video” menurut situs popcorn.js

Menggunakan framework ini pengembang bisa membuat konten media interaktif berbasis waktu menggunakan aset video dan audio menggabungkan konten web termasuk yang real-time dari social media, berita dan visualisasi. Mark Surman, Direktur Eksekutif Mozilla menjelaskan bahwa popcorn memungkinkan pembuatfilm berbasis web menambahkan interaktifitas di film mereka, menggunakan web untuk mengembangkan kreasi mereka.

Tidak bi(a)sa koding? tenang ada Popcorn Maker, aplikasi baru yang didesain untuk membuat pengalaman video interaktif lebih mudah karena cukup arahkan dan klik. Dibangun dengan pustaka pengembangan Butter.js aplikasi open source ini memungkinkan Popcorn.js dan sistem plug-in nya untuk memiliki antarmuka grafis yag memasukkan kontrol timeline standar. Bagaimanapun, pengembang mengingatkan bahwa Popcorn Maker masih dalam fase alpha.

Rilis ini berbarengan dengan world premier untuk sebuah film dokumenter yang menggunakan media toolkit ini dalam pengembangannya. Anda dapat menonton film dokumenter tersebut di Wired.com, film ini merupakan proyek “One Millionth Tower” dari dewan film nasional Kanada.

Informasi lebih lanjut dapat anda baca di posting blog mozilla dan anda juga dapat mengunjungi halaman proyek popcorn.js yang juga berisi video perkenalan. Anda dapat mengunduh dari popcornjs.org dan juga dokumentasi di host di GitHub. Kode sumber Popcorn.js dirilis dibawah MIT License